Sebanyak 3321 Textbook ditemukan

Jujur Pangkal Kaya

Sekumpulan Kisah Remaja untuk Pendidikan Anti-Korupsi

Pengalaman di masa kecil sangat menentukan perilaku dan corak kepribadian seseorang di masa dewasa. Seseorang yang di masa kecilnya kurang didikan budi pekerti, nilai-nilai agama, dan pembinaan karakter terpuji dan berintegritas, mungkin saja di usia dewasanya akan mudah tergoda berbuat jahat, termasuk melakukan korupsi. Padahal korupsi adalah sebuah kejahatan, bahkan kejahatan luar biasa. Buku ini memuat sejumlah cerita pendek tentang para siswa yang berkarakter mulia. Setiap cerita bertutur tentang siswa yang memiliki karakter terpuji. Ada Erna yang hidup sederhana, lebih suka bersepeda ke sekolah, padahal orangtuanya kaya. Ada yang suka bekerja keras, pantang menyerah meraih harapan, meskipun harus menghadapi tantangan. Ada juga yang bertanggungjawab, mandiri, adil, peduli, dan lain-lain. Semua karakter dalam sejumlah cerita dalam buku ini bermuara pada satu karakter penting: integritas. Cerita-cerita yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari ini mudah diserap dan diresapi nilai-nilainya. Maka, membacanya diharapkan dapat mempengaruhi perilaku remaja di masa dewasa kelak. Semoga.

Pengalaman di masa kecil sangat menentukan perilaku dan corak kepribadian seseorang di masa dewasa.

Bahan ajar berbasis pendidikan karakter dalam penanggulangan korupsi pada usia SD

Bahan ajar berbasis pendidikan karakter dalam penanggulangan korupsi pada usia Sekolah Dasar adalah suatu kumpulan kegiatan, metode, model dan rancangan yang akan membekali anda untuk memberikan pengalaman baik berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam menyelesaikan permasalahan cara-cara penanggulangan korupsi pada anak jenjang usia Sekolah Dasar. Melalui bahan ajar ini, anda akan mendapat kesempatan untuk Langkah-langkah preventive sesuai dengan landasan Pendidikan Karakter, serta anda akan dituntut untuk merancang perencanaan pembelajaran berdasarkan hasil telaah kajian materi, yang mencakup: indikator, materi, strategi pembelajaran, penilaian, dan media dan sumber belajar baik mengacu pada penanggulanagn korupsi khususnya untuk jenjang usia Sekolah Dasar yang memiliki prinsip pembelajaran tematik-integratif dan menyenangkan

Bahan ajar berbasis pendidikan karakter dalam penanggulangan korupsi pada usia Sekolah Dasar adalah suatu kumpulan kegiatan, metode, model dan rancangan yang akan membekali anda untuk memberikan pengalaman baik berupa pengetahuan, sikap, ...

Dinamika Korupsi di Indonesia

Buku Pendidikan Antikorupsi

Bicara mengenai korupsi memang tidak ada habisnya. Dinamika korupsi di Indonesia terbagi dalam dua perspektif, yaitu kultural dan struktural. Dalam perspektif kultural, korupsi dilakukan dengan kondisi sadar sehingga dilakukan tanpa rasa penyesalan dan berulang, (budaya) korupsi di masyarakat terbentuk karena adanya kondisi yang memungkinkan atau terkadang memaksa seseorang untuk melakukan hal tersebut. Pola-pola yang ada di masyarakat antara lain: kesenjangan ekonomi, buruknya pelayanan birokrasi, penegakan hukum yang lemah, minimnya edukasi dan pendidikan anti korupsi sejak dini. Sedangkan struktural dapat digambarkan dengan adanya kasus korupsi dimana pelaku yang terlibat berhubungan dengan kekuasaan dan menyangkut struktur organisasi lembaga. Pelaku mempunyai kekuasaan dan di dalam struktur ada sejumlah orang. Orang-orang tersebut yang terkait dengan dengan struktur-struktur kekuasaan sepanjang alat buktinya kuat maka akan diproses sesuai jalur hukum. Dalam korupsi struktural tentunya ada pihak-pihak lain yang terlibat. Di dalam buku ini akan dibahas lebih lanjut mengenai dinamika korupsi mulai dari masa pra penjajahan sampai pada era reformasi.

Bicara mengenai korupsi memang tidak ada habisnya. Dinamika korupsi di Indonesia terbagi dalam dua perspektif, yaitu kultural dan struktural.

Pendidikan dan Implementasi Integritas

Pada buku ini penulis berupaya menghadirkan kebaruan berdasarkan literatur dan program pemberantasan korupsi terkini yang dilaksanakan oleh KPK dan berbagai lembaga pegiat antikorupsi lainnya. Adapun metode penyusunan naskah menggunakan kajian pustaka. Secara struktur buku ini terdiri dari 15 bab. Diawali dengan gambaran korupsi terkini di Indonesia, dilanjutkan dengan dampak korupsi, lalu konsep integritas, role model integritas, dan pendidikan dan implementasi integritas di berbagai kalangan. Bila korupsi diibaratkan sebagai virus maka integritas adalah antivirus korupsi. Adanya buku ini diharapkan berkontribusi dalam pembangunan integritas bangsa. Terima kasih yang tak terhingga kami haturkan kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi pada penyusunan buku ini baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara khusus kami ucapkan terima kasih kepada penerbit Media Sains Indonesia yang telah menerbitkan buku ini. Untuk peningkatan kualitas pada penyusunan buku selanjutnya kami sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca.

Diawali dengan gambaran korupsi terkini di Indonesia, dilanjutkan dengan dampak korupsi, lalu konsep integritas, role model integritas, dan pendidikan dan implementasi integritas di berbagai kalangan.

DASAR-DASAR PENDIDIKAN

Kajian Teoritis Untuk Mahasiswa PGSD

Buku Dasar-Dasar Pendidikan ini merupakan salah satu buku ajar yang dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran mata kuliah Dasar-Dasar Pendidikan di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dalam buku ini dibahas mengenai materi pendidikan, landasan pendidikan; manusia dan pendidikan; asas pendidikan; teori-teori belajar; pendidikan sebagai ilmu dan seni; karakteristik peserta didik; sistem pendidikan nasional; dan kurikulum pendidikan Indonesia. Buku ini menyuguhkan bacaan yang relevan dan snagat bagus isinya. selain itu berbagai argunentasi yang diunggapkan dalam buku ini juga memberikan wawasan lebih bagi pembaca.

Buku Dasar-Dasar Pendidikan ini merupakan salah satu buku ajar yang dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran mata kuliah Dasar-Dasar Pendidikan di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Transformasi Sistem Nilai

dalam Kepemimpinan Pendidikan Efektif

Tulisan penulis berorientasi pada konsep “balanced scorecard pendidikan” dalam upaya mewujudkan kembalian pendidikan pada masyarakat. Konten dalam buku ini akan mengungkapkan proses seharusnya pendidikan berkontribusi dalam mewujudkan kembalian sosial pendidikan dan sejauh mana pendidikan memberikan peranannya dalam mengatasi persoalan-persoalan, di antaranya spillover (externality impacts), criminal participation, improve voters’ political behaviour yang pada akhirnya juga berimbas pada private returns. Sebuah pertanyaan besar dalam benak kita adalah bagaimana “kembalian pendidikan” berkontribusi pada kehidupan masyarakat maupun pada kehidupan pribadi setiap insan pemelajar, bagaimana peran lulusan pendidikan, terutama lulusan-lulusan pendidikan tinggi dari berbagai bidang yang terjun dalam kehidupan masyarakat setelah mereka berkiprah dalam dunia pekerjaan selama beberapa tahun, serta bagaimana peran lulusan pendidikan tinggi terhadap spillover (externality impacts), criminal participation, improve voters' political behaviour dan private returns”. Buku ini menyajikan data-data realitas dan faktual sesuai dengan kondisi dalam kehidupan bermasyarakat, selain memberikan rekomendasi sebagai jawaban atas problematika tersebut dari kacamata perspektif penulis. Melalui transformasi nilai pada kepemimpinan pendidikan efektif dan pembudayaan maupun pembisaaan pola perilaku insan pendidikan, diharapkan kembalian pendidikan dapat memberikan pengaruh dalam mengurai dinamika persoalan-persoalan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tulisan penulis berorientasi pada konsep “balanced scorecard pendidikan” dalam upaya mewujudkan kembalian pendidikan pada masyarakat.

Pengantar Pendidikan Anti Korupsi

Korupsi menghilangkan rasa kepercayaan terhadap pemerintah dan menciptakan citra buruk atas kinerja Pemerintah. Korupsi merupakan tindakan kejahatan luar biasa dan pemberantasannya perlu ekstra luar biasa. Hukuman berat sepertinya tidak menimbulkan efek jera kepada oknum yang ingin melakukan korupsi. Oleh karena itu dunia pendidikan harus mengambil bagian dan berperan aktif dalam upaya pencegahan korupsi. Salah satu langkah yang dapat dilakukan dengan memberikan pengetahuan yang cukup tentang seluk beluk korupsi dan upaya pemberantasanya. Buku ini dapat menjadi bahan ajar dan referensi untuk menumbuhkan budaya anti korupsi serta mendorong masyarakat agar berperan aktif dalam upaya pencegahan korupsi. Buku ini terdiri dari sembilan bab yang di uraikan sebagai berikut : Bab 1 Ruang Lingkup Korupsi Bab 2 Jenis, Perilaku dan Ciri Korupsi Bab 3 Penyebab dan Motivasi Korupsi Bab 4 Langkah-Langkah Pemberantasan Korupsi Bab 5 Anti Korupsi, Penyelenggara, Asas, Hak-Kewajiban, dan Peran Masyarakat Bab 6 Peran Fungsi KPK dan Ombudsman Bab 7 Gugatan Perdata – Putusan Verstek Bab 8 Korupsi di Sektor Publik Bab 9 Tindakan Preventif Untuk Mencegah Tipikor

Korupsi menghilangkan rasa kepercayaan terhadap pemerintah dan menciptakan citra buruk atas kinerja Pemerintah.